Jumat, 07 Oktober 2011

Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari.


 Banyak sekali dari pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semangkin mununtut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimal sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakan dalam segala aktifitasnya. Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi lain dari perusahaan, dunia bisnis, sektor perbangkan, pendidikan, dan kesehatan.

  Terhadap kehidupan bermasyarakat proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai informatika masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi didalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru kedalam konsep pembagian masyarakat bedasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstatifikasi masyarakat.
      Michael Gurstein (Gurstein  2000), mendeskripkan masyarakat informasi dengan cara berikut. Masyarakat Informatika adalah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi untuk memungkinkan proses masyarakat dan pencapaian tujuan masyarakat yang mencakup pembagian digital didalam maupun antar masyarakat. Masyarakat informatika muncul sebagai kerangka untuk mendekati sistem informasi secara sistematic dari perspektif masyarakat dan sejajar dengan sistem informasi manajemen dalam pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen penggunaan dan aplikasi sistem informasi masyarakat. Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan progmatis yang timbul dari puluhan ribu "Jaringan Masyrakat", "Pusat Teknologi Masyarakat", Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
      Sebagai salah satu bidang akademik, Masyarakat Informatika mengambil sumber daya dan pertisipan dari serangkaian latar belakang, termasuk ilmu kompuer, manajemen ilmu informasi dan perpustakaan, perencanaan, sosiologi, pendidikan, kebijakan sosial, dan penelitian pedesan, regional, dan pembangunan.
       Sebagai suatu praktik, masyarakat informatika merupakan kepentingan bagi mereka yang perhatian dengan pengembangan masyarakat dan ekonomi lokal di negara berkembang maupun maju dan memiliki hubungan dekat dengan mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti Pembangunan Masyarakat, Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Informatika Kesehatan Berbasic Masyrakat, Pendidikan Dewasa dan Lanjutan.
       Masyarakat Informatika adalah bagian dari struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran di sejumlah tingkat fundamental dalam masyarakat yang berkembang. Masyarakat informatika dapat dideskripsikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk praktik masyarakat, yang definisikan oleh glen (1993) sebagai penyampaian layanan masyarakat dan tindakan masyarakat. Khususnya, Praktik masyarakat semangkin dianggap fundamental untuk masalah-masalah sosial kerena masyarakat di suatu tempat menghadapi dunia perdagangan modern yang kurang menjadi subjek negara/bangsa.
       Komunikasi telah memainkan peranan penting dalam pengembangan dan mempertahankan kesejahtraan masyarakat secara geografis sepanjang sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.
 Sumber: Eka Wahono S kom                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar